Tips Mencegah Munculnya Jerawat

Setelah mengetahui penyebab munculnya jerawat, sekarang saatnya mulai melakukan pencegahan agar jerawat tidak muncul kembali. Agar cara pencegahan jerawat ini berhasil sebaiknya dilakukan secara teratur dan jadikan ini rutinitas setiap hari. Inti dari usaha untuk mencegah atau menghilangkan jerawat adalah pola hidup sehat. Karena dari pola hidup sehat banyak keuntungannya,termasuk mencegah munculnya jerawat.



1.       Makan makanan yang bergizi tinggi,perbanyak konsumsi sayur sayuran dan buah buahan. Karena kandungan Vitamin dalam buah dan sayur sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan yodium tinggi.

2.       Minum air putih secukupnya,dengan minum air putih yang cukup maka kebutuhan mineral dalam tubuh terpenuhi. Metabolisme menjadi lancar,dan peredaran darah juga berlangsung lancar. Hindari minuman ringan yang banyak mengandung zat karbonisasi.

3.       Hindari stres,stres menjadi salah satu faktor penyebab munculnya jerawat usahakan selalu santai dan rileks hibur diri dengan bercengkrama bersama teman teman dan keluarga.

4.       Cuci muka teratur dengan air bersih,perhatikan kebersihan air yang kita gunakan untuk mencuci muka. Gunakan air mineral yang sudah terbukti kebersihannya,karena air pam dirumah mengandung kadar besi yang cukup tinggi.

5.       Cuci muka dengan sabun pencuci muka cukup 2 kali sehari untuk menghilangkan minyak diwajah,jika terlalu sering tidak baik bagi kelembaban yang dibutuhkan kulit.

6.       Olahraga teratur,sekedar lari lari kecil untuk menjaga kebugaran tubuh jika tubuh bugar dan sehat pikiran akan menjadi tenang dan riang.

7.       Perhatikan kebersihan barang barang yang sering bersentuhan dengan kulit wajah dan kepala. Seperti helm,sarung bantal,handuk dll.

8.       Jangan pencet jerawat,karena jerawat yang dipencet akan menimbulkan bekas dan rusaknya sel sel kulit,serta pori pori kulit menjadi terbuka mudah untuk bakteri dan kuman masuk.

9.       Lakukan perawatan wajah,kedokter wajah dan kecantikan jika memang diperlukan.

10.   Gunakan bahan bahan herbal untuk menghilangkan jerawat untuk anda yang takut dengan obat atau cream jerawat.



Lakukan pencegahan secara rutin, jadikan ini kebiasan dalam kehidupan sehari hari dan kunci utamanya adalah konsisten untuk mendapat hasil terbaik. Terapkan pola hidup sehat,selain mencegah jerawat muncul, badan juga menjadi sehat dan terhindar dari penyakit. Jika cara pencegahan diatas belum berhasil konsultasikan masalah jerawat kepada ahlinya seperti dokter kecantikan atau specialis kulit.

Baca artikel lainnya Penyebab Munculnya Jerawat